Tips biar cepet kurus!


Hai readers! Ada yang bermasalah sama berat badan nggak? Kalau ada, berarti kita sama. Pasti benci banget kan punya berat badan yang berlebihan? Saya juga begitu, dari kemaren timbanagn berat badan tidak turun. Masih sama seperti dulu, sekitar 68-70 kg dengan tinggi 156 atau 157 cm (mulai buka aibnya sendiri). Bayangin saja gendutnya seperti apa, hehe. Tapi keluarga bilang, saya paling kurus di rumah. Kalau kata temen sih, gendut alias over. Om saya suka menegur begini, "Dek, umur lo berapa sih? 15 ya? berat badan lo? 70? gila! gua dulu pas seumuran lo gak segitu dek, gede banget lo" haha perkataan dia ada benarnya juga sih. Tidak bagus punya berat badan yang berlebih. Nanti, bisa kena penyakit. Mau tahu kenapa saya bisa gendut? Karena makan terus, dan olahraganya jarang.

Nah, kalau di rumah, sarapannya beli nasi uduk, gorengan, bubur atau masak sendiri seperti indomie atau nasi goreng dengan bumbu instan. Sebenarnya pola makan seperti ini tidak bagus. Kalau sarapan jangan makan nasi uduk, karena itu adalah nasi putih yang dikasih santan. Berat badan bisa naik kalau makan nasi uduk terus. Di rumah saya, bisa digolongkan semua anggota keluarganya suka makan, alias kelas besar. Kalau makan, pasti porsinya banyak. Termasuk saya pastinya. Badan abang saya juga tidak kalah besarnya. Memang, postur badan kami berpotensial untuk gemuk. Jadi, pola makan harus selalu dijaga, kalau mau kurus atau ideal. Kata ortu, bahasa kasih untuk anaknya itu makanan, hehe. Ya, kita selalu senang kalau ortu pulang bawa buah tangan makanan atau malem-malem dibeliin nasgor, sate, mie, spaghetti, dll.

Ok, daripada berlama-lama. Saya akan memberikan tipsnya! Semoga bermanfaat ya.

1. OLAHRAGA
Yups, ini harus selalu dilakukan. Olahraga yang teratur, terserah apa saja. Yang penting, bisa membakar lemak atau menggerakkan (meregangkan) otot-otot kita supaya tidak kaku. Kalau saya, biasanya sepedaan bersama abang di pagi hari (setiap hari) dan saat weekend. Yang terpenting bukan seberapa lama atau jauh jaraknya, tapi seberapa sering dilakukannya. Mau kurus? turun berat badan 10 kg? tidak bisa sekaligus atau hasilnya langsung terlihat segampang kita membalikkan tangan. Semuanya bertahap dan harus dilakukan secara rutin olahraganya.

2. MAKAN BUAH-BUAHAN DAN SAYURAN
Sama seperti tips diet yang lain, buah-buahan dan sayuran baik untuk tubuh. Kalau bisa, silahkan mengganti sarapan nasi kita, dengan makan buah-buahan atau sayuran. Saya, biasanya minum protein (produk mlm) dan minum supplement. Sebelum makan, sebaiknya makan buah terlebih dahulu, minum seteguk air putih, dan mencicipi garam (ambil garam dengan jari manis, lalu menaruhnya di langit-langit mulut. Khasiatnya yaitu, bisa mencegah dari 70 macam penyakit).

3. TIDAK MAKAN MALAM
Sebaiknya kita menghindari makan malam. Karena bisa menggendutkan badan. Kalau mau makan, lebih baik sebelum jam 6 sore, atau 3 jam sebelum tidur. Agar makanannya dicerna dulu oleh bagian dalam tubuh kita. Setelah makan (pagi, siang, sore) jalan 42 langkah, kata teman ortu, itu dilakukan supaya badan kita tidak menjadi gemuk.

4. DIET
Diet boleh, asalkan jangan berlebihan. Kita bisa mengikut OCD (Obsessive Corbuzier's Diet). Sekarang, saya tidak ikut OCD lagi, hanya mengikuti o7t-nya saja. Untuk membakar lemak perut. Tidak kuat untuk menjalani diet seperti itu, hehe. Atau, kita bisa mengikuti diet mayo. Ini sedang happening mungkin, karena saya baru tahu juga. Yang jelas, no salat, no rice, no ice, selama 2 minggu. Untuk cara lebih jelasnya bisa cari di google.

5. PUASA
Ini perintah Allah SWT. Kita bisa melakukan puasa sunnah dalam kehidupan sehari-hari, di luar bulan ramadhan. Bisa mengikuti puasa sunnahnya Rasulullah SAW senin-kamis atau puasanya nabi Daud AS, yaitu puasa daud (selang-seling, tidak boleh putus dan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Cth: 1 tahun)

Sekarang ada informasi yang lebih penting. Kemaren baru dapat broadcast message-nya. Silahkan disimak ya.

Renungan....
[BACA PELAN-PELAN DENGAN SAKSAMA]

5 Perkara orang islam patut tahu berkenaan dengan kesehatan. Al-Qur'an mengajarkan kepada kita untuk menjaga kesehatan dengan membuat amalan seperti berikut:

1. Mandi pagi sebelum subuh atau sekurang-kurangnya sejam sebelum matahari naik. Air sejuk yang meresap ke dalam badan bisa mengurangkan lemak yang terkumpul. Kita bisa lihat orang yang mengamalkan mandi pagi, kebanyakan badannya tidak gemuk.

2. Rasulullah SAW mengamalkan minum segelas air sejuk (bukan air es) setiap pagi. Mujarabnya, Insya Allah jauh dari penyakit (susah kena penyakit)

3. Waktu sholat subuh disunatkan kita bertafakur (yaitu sujud sekurang-kurangnya semenit selepas membaca doa). Ia bisa mengelak dari sakit pening atau migrain. Ini terbukti oleh para saintis yang membuat kajian kenapa dalam sehari perlu kita sujud. Ahli-ahli sains telah menemui beberapa milimeter ruang udara dalam saluran darah di kepala yang tidak dipenuhi oleh darah. Dengan bersujud, maka darah akan mengalir ke arah ruang tersebut.

4. Dalam kitab juga ada melarang kita makan makanan darat bercampur dengan makanan laut. Nabi pernah mencegah kita makan ikan bersama ayam. Dikhawatirkan akan cepat mendapat penyakit. Ini terbukti oleh para saintis yang menemukan dimana dalam badan ayam mengandungi ion+ve, manakala dalam ikan mengandung ion-ve, jika dalam suapan ayam bercampur dengan ikan maka terjadi tindak balas biokimia yang terhasil yang bisa merusak usus kita.

5. Nabi juga mengajarkan kita makan dengan tangan kanan dan bila habis hendaklah menjilat jari (menjilat semua ujung jari tangan kita yang kanannya saja). Begitu juga ahli sains telah menemukan bahwa enzyme banyak terkandung di celah jari, yaitu 10 kali lipat terdapat dalam air liur. (enzyeme sejenis alat pencerna makanan, tanpannya makanan tidak terurai)

Sabda Nabi SAW, ilmu  itu milik Allah, barangsiapa menyebarkan ilmu demi kebaikan, Insaya Allah, Allah akan menggandakan 10 kali lipat....

7 kalimat yang harus dibiasakan.

1. Bismilahirrahmanirrahim.......-setiap hendak melakukan sesuatu.
2. Alhamdulillah.........................-setiap habis melakukan sesuatu.
3. Astagfirullah...........................-jika melakukan sesuatu yang buruk.
4. Insya Allah..............................-jika ingin melakukan sesuatu pada masa yang akan datang.
5. Laa hawla walaaquwwata illaa billaah...-bila tidak dapat melakukan sesuatu yang agak berat atau melihat hal yang buruk.
6. Innalillahi wainna ilaihi rojiun-jika melihat/menghadapi musibah atau menerima kabar kematian.
7. Lailaha illa Allah.................-bacalah siang dan malam sebanyak-banyaknya. Agar senantiasa mengingat Allah SWT

Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang menyampaikan ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikannya sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala..."

Komentar

  1. Sip, biar dicoba tipsnya :)

    www.fikrimaulanaa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya, semoga bermanfaat yaa^^ Makasih atas kunjungannya ke blog ini, salam kenal ya~ Oiya, blog lu bagus bangeett gimna cara ngedit templatenya tuh? share dong cara/tipsnya hihih ^^

      Hapus

Posting Komentar

Leave your comment!

Popular Post