Tugas akhir!

24.05.14

malam ini gue gak bisa tidur, insom? bukan ini beda, gua gak habis-habisnya berfikir buat acara besok nanti, sumpah ini pertama kalinya gua bakalan ngomong depan umum. itu loh jadi moderator buat acara bedah buku yang diadain sama teman-teman gue juga yang di smki (sekolah menulis kreatif indonesia) yups! ini adalah tugas terakhir kita dari mas senda guru di kelas fiksi kita bulan ini.

gua cuman shock aja pas tahu harus jadi moderator soalnya gaada lagi yang bisa. yaudah dengan berat hati gua terima tugas gua yang satu ini. awalnya gua udah tenang-tenang aja yang jadi moderator mba ade, yang jadi ketua ailsa dan pak ari jadi mc. gua udah tenang banget pas tahu pembagiannya kayak gitu, yah paling tugas gua cuman bagian konsumsi, bantu2, atau apalah yang penting di belakang layar haha.

eh.. tapi takdir berkata lain, mba ade ga bisa jadi moderator yasudah pas hari selasa ailsa minta gua buat jadi moderator karena udah gaada yang bisa lagi. gua jadi moderatornya mba windry ramadhiana dengan buku terbarunya interlude dan ka jamila yang jadi moderatornya mas chogah dengan buku terbarunya juga kumcer sms terakhir

hari ini juga hari kita latihan nulis di smki dan pas mas senda nya nanya 'pembedahnya siapa?' duaarr! kita semua binggung 'hah? pembedah?' 'emangnya pembedah itu apa?' semua pertanyaan mncul di pikiran gua. setahu kita ngadain acara bedah buku itu gampang tinggal cari penulisnya siapa, moderator, sama mc dan kita gak kepikiran sama sekali kalo bedah buku itu harus ada pembedahnya. kita langsung panikan gitu soalnya acaranya besok dan gak mungkin banget cari pembedahnya.
terus mas senda malah ngelawak 'no more gloomy sunday, but we are very gloomy' apaan coba-__- 

jadi gini, pembedah itu tugasnya baca buku si penulis dan nanti dia menyapampaikan opini nya tentang apa yang ditulis sama penulis dan pastinya pembedah ini juga punya bukti untuk menyanggah isi novel atau buku si penulis. semacam second opinion gitu, tapi tujuannya bukan untuk menjatuhkan si penulisnya ko.

akhirnya hari ini kita belajar jadi moderator dan penulis gantian-gantian gitu. ceritanya novel kita udah selesai dan mau dibedah bukunya otomatis harus ada  moderatornya dong? oke gua sama pak ari dan ailsa sama ka jamilah dibagi tugas.

hal yang paling memalukan adalah gua salah nyebutin nama pak ari jadi pak aryo haha. aryo itu.. ng..ng.. dia guru juga di smki pas kelas nulis non fiksi tapi waktu dia ngajar gua gak dateng alias ijin. tapi gua udah liat orangnya lumayan ganteng wkwka. 

kalo ailsa sama ka jamila awalnya lancar-lancar aja tapi pas ka jamila bialng 'wah menarik sekali ya ceritanya ailsa' dan ailsa nyeletuk 'apanya yang menarik?' HAHAHAXD dan seketika tawa pecah di ruang kelas, itu lucu banget sampe kita gak bisa berhenti ketawanya, bener-bener kocak.

kelas hari ini memang menyenangkan karena kita banyak ketawa dan dibuat santai kelasnya sama mas senda. tapi pas pulang kerumah... hati gua langsung dag dig dug dueerr!! mikirin acara besok dan giamana acaranya besok, soalnya setahu gua moderator itu banyak ngomong dan yang bawa suasana acaranya gitu

oke malam ini gua belom latihan sama sekali cuman mikirin gimana text nya buat besok dan gua nulis berkali-kali kata-kata yang pas buat gua omongin besok *sungguh memalukan* tapi memang semuanya butuh persiapan kan? 

pokoknya sepanjang malam ini gua cuman mikirin gua mau ngomong apa besok dan gua mengingat ingat text yang udah gua bikin di kepala gua berkali-kali lebih tepatnya menghafal sampe akhirnya gua baru bisa tidur jam 24.00

25.05.14

hoam.. untung aja semalem gua bisa tidur dengan nyenyak. oh ya udah baca bukunya kak windry belom? itu seruu banget dan gua baca novel yang 300-an halaman itu cuman 2 hari! wow! (rekor tersendiri buat gue) pasalanya gua itu gak pernah selesai baca novel apalagi sampe 300-an gitu paling cuman sampe hal 200 aja gua sanggup bacanya abis itu udah bosen bacanya lagi

waktu itu sempet minjem novelnya tere liye yang judulnya 'kau aku dan sepucuk angpao merah' kalo lo tahu itu tebelnya sampe 500 hal (kalo gak salah) dan gua cuman baca sampe 200 doang kesananya gua udah males bacanya *maaf* dan gua kalo baca novel atau buku orangnya gak sabaran pengin cepet selesai gitu bacanya. itu aja gua bacanya sampe satu minggu lebih-__-

kenapa gua bisa baca novelnya kak windry sampe habis? itu juga karena target gua buat nyelesaiin baca novel dua hari, sehari 100 hal lah minimal dan gua berhasil dangan target gua! yeayy \o/ *sorak* oiya novelnya kak windry itu judulnya interlude dan baru terbit bulan ini (mei, 2014) dan gua beli yang pre order dan dapet tanda tangan sama tulisannya gitu.

tahu gak hal pertama yang gua lakuin pas gua nerima paket buku interlude itu apa? lari ke kamar mandi... karena seketika gua sakit perut! HAHAXD biasa gua mikirin kalo gua bakalan jadi moderator buku ini. pas buka bukunya aja rasanya gua gak sanggup baca dan sakit perut lagi dan gua pas buka halaman pertama rasanya gemeter gimana gitu, ngebayangin gua jadi moderator! hm.

pagi ini gua minta umi (ibu gua) buat bantuin gua jadi moderator dan minta masukan kata-kata yang pas buat gua omongin. umi itu udah jadi audience setia gua berkali-kali gua minta umi buat liatin gua ngomong dan bantuin gua buat ngafalin textnya abis itu latihan ekspresi, intonasi sampe gestur tubuh malah! haha udah kayak orang mau pidato aja. gua aja sampe hafal textnya sampe sekarang, gini:

ass.wr.wb. salam sejahtera untuk kita semua! selamat siang teman-teman! oke, pada hari yang berbahagia ini perkenankanlah saya untuk memperkenalkan diri nama saya fathiya ainun zahira bisa dipanggil fathiya atau tiya juga boleh. siang hari ini saya akan menjadi moderator untuk karya terbaru windry ramadhina yang berjudul interlude *pegang bukunya tunjukin ke audience* menarik sekali buakan covernya, apalagi isi novelnya pasti udah pada penasaran banget dong. beruntung sekali siang hari ini kita sudah kedatangan penulisnya langsung kak windry ramadhina, tepuk tangan dong buat kak windry! *tepuk tangan* oke sekararang saya akan membacakan profile singkat tentang ka windry

*ambil kertasnya dan baca* wow hampir setiap tahun kak windry menerbitkan bukunya, hebat sekali ya teman-teman. oke sekarang pasti udah pada penasaran banget kan sama buku terbarunya kak windry? oke kita langsung tanya2 aja ya sama penulisnya. jadi interlude ini bercerita tentang apa ya kak? 

nah gitu text ya, gmn bagus gak? haha gua ngafalinnya sepanjang pagi sampe siang, di mobil dan pas di leksika kalibata city nya juga. sumpah dag dig dug!! tapi umi gua selalu menenagkan hati gua, dia bilang gini: 'udah de tenang aja, ade kan dulu juga udah pernaah tampil pas lomba geospasial' sambil tersenyum manis dan gua membalasnya dengan senyuman masam *ngedumel dalam hati* haha. memang sih, lomba geospasial lebih menantang dari pada yang satu ini. dulu gua harus bercerita di depan umum diliatin sama juri dan penonton yang lumayan banyak jumlahnya

tapi tetep aja gua deg-degan hari ini. kalo pesan umi gua sih ya berdo'a aja supaya acaranya lancar dan gua lancar juga jadi moderatornya.

and finally, tugas kita berhasil!! walaupun pas awalnya cuman sedikit audience yang dateng tapi lama kelamaan banyak juga kok yang nonton. ohya, kita ganti nama acara bedah buku hari ini dengan talkshow haha. tapi semuanya berjalan sesuai rencana ko

ohya, pas gua jadi moderator katanya gua keren gak gugup haha *senyum senang* dan text yang gua hafalin sepanjang pagi tadi bener-bener udah hafal di luar kepala! alias lupa-_- haha soalnya gua pas jadi moderator kebanyakan nanya-nanya sih dan untung aja gua udah menyiapkan beberapa list pertanyaan

--
special tahanks buat windry ramadina dan setiawan chogah yang sudah berkesempatan hadir dalam acara kita, dan mau menjadi inspirasi serta berbagi ilmunya dengan kita semua. thankyou so much!! dan sukses terus buat karya-karya selanjutnya!:))

buat temen-temen semuanya ailsa yang sudah mau menjadi ketua dalam acara kali ini, dan tugasnya yang banyak banget mulai nyari tempatnya, cari penulis, konsumsi, hadiahnya dan udah berhasil ngebujuk gue buat jadi moderator kali ini dan juga buat pak ari, ka jamilah, mba ade kalian memang rekan2 yang hebat!!

thanks buat mas senda irawan guru di kelas fiksi yang udah ngasih tugas banyak bnget buat kita tapi itu semua bermanfaat ko:)) makasih banget mas senda buat semua ilmunya! maafkan aku kalau selama ini bnyak salah dan jarang ngumpulin tugas hehe. nanti aku janji akan selesaikan novel perdana ku dan kirim novel 10 babnya!! yeyay \o/
--
foto by ailsa and me


Windry Ramadhina


Windry Ramadhina dan Gue (moderator)


book sign w/ windry ramadhina


Windry Ramadhina dan Gue


Setiawan Chogah


Setiawan Chogah dan Siti Jamilah


Mba Ade MC 


dari kiri : Mas Senda, Kak Jamilah, KakWindry, Gue, Mba Ade, Ailsa, Pak Ari


dari kiri: Ailsa, Kak Jamilah, Mas Senda, Pak Ari, Mas Chogah, Mba Ade, Gue

Komentar

  1. Huahahaha, kok aku ngakak ya baca postinganmu. Nggak sia-sia ya ngejudesin kamu kemarin :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngakak saja :D iya km berhasil membujuk ku :")

      Hapus
  2. aku pernah satu novel satu hari.
    eh ngomong-ngomong widget kamu yang emot paling bawah ngeganggu kalo aku baca di hape hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu novel satu hari? wow keren bnget ka. iya aku gk tahu gmn cara ngehapusin widgetnya :")

      Hapus
  3. Hei, lo dapet Liebster Award dari gue http://aulizaizaa.blogspot.com/2014/06/the-liebster-award.html
    ke tata letak aja :)

    BalasHapus
  4. aaah keren jadi moderator penulis :D sukseees ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iyaak!! ini juga baru pertama kalii:))

      Hapus

Posting Komentar

Leave your comment!

Popular Post